Profil Kak Erwin, Penulis Buku Lihai Mendongeng

Koran Lingkar Jateng, edisi Jumat, 10 November 2017
Lanjutan….

Bagi pegiat pendidikan anak di Kabupaten Grobogan, nama Kak Erwin sudah dikenal luas sebagai seorang pendongeng. Pria murah senyum ini memang kerap mengisi acara dongeng dengan segmen anak-anak usia PAUD, TK, dan SD. Kak Erwin lahir di Dusun Pagergunung, Desa Katekan, Kecamatan Brati, Kabupaten Grobogan, pada  8 Maret 1979.

Nama aslinya Nur Setyo Pambudi. Nama Erwin ia peroleh ketika ia pertama kali bekerja sebagai penyiar radio. Sejak berusia 6 bulan, ia diboyong dan tinggal di Semarang oleh orangtuanya . Selepas menyelesaikan pendidikannya di Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri Universitas Pandanaran Semarang, ia pernah menjajal berbagai pekerjaan. Ia pernah menjadi asisten apoteker, guru les privat, penjual nasi bungkus, pengamen, wirausaha, dan penyiar radio.

Tahun 2006 menikah dengan Endah Tri Sulistyorini, seorang dara asli Penawangan, Kabupaten Grobogan, sehingga ia pun akhirnya kembali menjadi warga Grobogan. Di Grobogan, ia bekerja di Radio Purwodadi FM hingga kini. Ia juga mendirikan Ikatan Pencerita Anak Muslim (IPAM) dan Sanggar Anak Ceria, komunitas yang bergerak pada pengembangan bakat dan potensi anak-anak, serta menggiatkan kegiatan mendongeng di Kabupaten Grobogan.

Kiprahnya di dunia mendongeng merambah sampai ke Jawa Timur. Sekarang, ia memiliki jadwal rutin mendongeng di beberapa kota, baik di Grobogan maupun di luar Grobogan. Bersama Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Purwodadi, Kak Erwin pernah menggelar kegiatan Deklarasi Generasi Jujur dan Bangga Pajak, dan kemudian ia dinobatkan menjadi duta pajak untuk anak-anak. Saat ini selain sebagai Ketua Persaudaraan Pencerita Muslim Indonesia (PPMI) Cabang Grobogan, juga sempat mengisi acara dongeng anak di TVRI Jawa Tengah.

Jam terbang mendongengnya yang cukup tinggi menjadikannya berinisiatif berbagi pengalaman mendongengnya lewat sebuah buku. Belum lama ini ia pun merilis sebuah buku berjudul Resep Mujarab Lihai Mendongeng yang diterbitkan oleh penerbit Hanum Publisher.

Lewat buku itu, ia berbagi pengalaman tentang seluk beluk mendongeng kepada anak-anak,  bagaimana mendongeng yang menarik sehingga memikat hati anak-anak, dan sebagainya.

Dengan buku tersebut, ia berharap semakin banyak orang yang tertarik dengan dunia dongeng. Karena menurutnya, dongeng merupakan sarana menanamkan nilai-nilai edukasi yang paling asyik dan efektif kepada anak-anak.*

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *