Tuntunan Lengkap Menulis Artikel Opini di Koran

30 Agustus 2019 - Kategori Blog

Kaver Buku Sakti Menulis Opini

Data buku:

  • Judul: Buku Sakti Menulis Opini
  • Penulis: Badiatul Muchlisin Asti
  • Tahun Terbit: 2019
  • Penerbit: Hanum Publisher
  • Tebal: x + 126
  • ISBN: 978-602-52000-1-4

Di tengah maraknya media sosial, apakah menulis opini panjang di surat khabar masih penting? Memang banyak yang meragukan peran tulisan opini yang ditulis di media cetak di era media sosial. Masyarakat cenderung untuk membaca hanya berita-berita pendek yang tidak perlu terlalu memerlukan berpikir. Namun, bagi saya, tulisan opini di media cetak dan media online yang terpercaya tetaplah penting. Sebab tulisan opini bisa memberikan gambaran yang lebih detail dan menjelaskan mengapa sang penulis memutuskan untuk berdiri di posisi yang diyakininya. Tulisan opini ini memberikan perspektif terhadap sebuah topik/peristiwa yang berbeda-beda dengan penjelasan alasan yang cukup memadai. Menulis opini melalui media masa adalah cara yang efektif untuk menyampaikan gagasan secara terstruktur.

Koran-koran utama pada umumnya masih mempertahankan keberadaan tulisan Opini. Harian Kompas, Koran Tempo, Koran SINDO dan Replubika adalah beberapa koran utama yang masih memberikan slot untuk tulisan jenis ini. Bahkan beberapa koran, tulisan Opini menjadi salah satu andalannya.

Peluang pemuatan tulisan jenis Opini kini semakin besar selaras dengan menjamurnya koran digital. Koran-koran digital memberi ruang khusus untuk mengunggah tulisan jenis ini. Kompas.com, Kompas.id. Koran TEMPO (online), Detik.com adalah beberapa contoh media online terkemuka yang memberikan ruang kepada tulisan jenis Opini.

Pada umumnya, penulis Opini di media utama adalah orang-orang yang dikenal luas oleh publik dan memiliki kompetensi di bidang yang ditulisnya. Namun ada juga para penulis pemula yang kadang-kadang muncul. Para penulis pemula yang mampu menembus koran utama disebabkan karena topik/peristiwa yang diulasnya adalah topik/peristiwa yang sangat menarik bagi publik dan pembahasannya berbeda dari pendapat arus utama.

Banyak dari kita memiliki cara pandang terhadap sebuah topik atau peristiwa. Sering kali kita ingin membagikan perspektif kita terhadap topik atau peristiwa tersebut, sehingga pendapat kita bisa dimengerti pihak lain. Menuangkan gagasan kita melalui tulisan berjenis Opini adalah salah satu cara yang efektif. Namun tidak semua orang tahu bagaimana caranya menulis opini.

Buku kecil karya Badiatul Muchlisin Asti ini berisi tuntunan lengkap bagi mereka yang berminat menulis opini. Dengan mengikuti langkah-langkah yang ditulis dalam buku ini, in sya Allah Anda akan menjadi seorang penulis opini yang kredibel dan produktif.

Penulis buku ini menjelaskan batasan-batasan tulisan jenis Opini, manfaatnya menulis opini dan trik-trik untuk memoles tulisan Opini supaya layak terbit di media.

Menulis, terutama jenis tulisan Opini tidaklah mudah. Sebab dalam menulis opini kita harus sangat jelas nalar dan argumen yang dipakai sehingga posisi kita terhadap topik/peristiwa bisa dimengerti dengan baik oleh khalayak. Hanya melalui berlatih dan berlatih, maka tulisan kita akan menjadi semakin kuat. Buku semacam ini berguna untuk memandu kita dalam berlatih menulis. Namun yang terutama adalah berlatih itu sendiri.

HANDOKO WIDAGDO, Pegiat Literasi dan Alumnus Intercultural Management-School for International Training Brattleboro Vermont, USA

Facebook Comments

 
Chat via Whatsapp