Penerapan E-Sabaky dalam Pembelajaran Abad 21

Di era abad ke-21, guru dituntut dapat menyajikan pembelajaran yang menarik minat siswa untuk belajar. Hal itu dapat tercapai dengan baik bila guru kreatif dan inovatif dalam mengembangkan media pembelajaran. Karena dengan media, maka materi pembelajaran akan lebih mudah diserap oleh peserta didik. Karena sejatinya, media pembelajaran adalah jembatan perpindahan pengetahuan dan ketrampilan.

Maka dari itu, perlu adanya tindakan yang kreatif dan inovatif  yang harus dilakukan untuk menghasilkan suatu proses pembelajaran yang berhasil meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu tindakan itu adalah dengan menerapkan E-SABAKY dalam pembelajaran berbantuan aplikasi Screencast O Matic (SOM).

Tindakan yang penulis lakukan sebanyak tiga kali, yaitu tindakan pra siklus, yaitu tindakan awal pada kelas penelitian dengan tanpa menggunakan model dan teknik pembelajaran apapun. Jadi, masih secara konvensional dalam penyampaian materi pembelajaran. Tindakan Siklus I, yaitu penerapan E-SABAKY dalam pembelajaran abad 21, berbantuan aplikasi Screencast O Matic pada kelas besar. Dan tindakan Siklus II, yaitu Penerapan E-SABAKY dalam pembelajaran abad 21 berbantuan aplikasi Screencast O Matic pada kelas kecil.

Ketiga tindakan yang peneliti lakukan tersebut dengan maksud untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi Besaran dan Satuan. Dan buku ini merupakan hasil dari penelitian tindakan itu. Semoga bermanfaat.

 

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *