Resep Mujarab Piawai Mendongeng

Sebuah penelitian menyebutkan, awal abad ke-19, Inggris dan Spanyol merupakan dua negara yang sejajar dalam hal kemajuan. Namun 20 tahun kemudian, Inggris lebih maju dari Spanyol. Ternyata itu dipengaruhi oleh sastra tuturnya. Di Inggris, anak-anak dijejali cerita lisan tentang Knight Arthur yang menjelajah samudra untuk menaklukkan negara lain. Sementara Spanyol mengembangkan cerita dongeng jin dalam botol, aladin, sajadah terbang, dan lampu ajaib. Sang peneliti, Dr. David Mclellan berkesimpulan, nasib suatu bangsa 20 tahun ke depan salah satunya ditentukan oleh dongeng yang berkembang saat ini. Dan kesimpulan itu diaminkan oleh para sosiolog dunia.

Pendongeng nasional Kak Bimo dalam sebuah kesempatan menyatakan, 20 atau 30 tahun yang lalu, dongeng yang berkembang di negeri ini adalah dongeng tentang binatang Kancil dengan segala kelicikannya, seperti kancil mencuri timun, dan lain sebagainya. Itulah kenapa bangsa ini sekarang banyak KKN (korupsi, kolusi, dan nepotisme).

Bertitik tolak dari paradigma berpikir itulah buku ini hadir. Kak Erwin, pendongeng TVRI Jawa Tengah yang juga Ketua Persatuan Pencerita Muslim Indonesia (PPMI) Cabang Grobogan, berbagi pengalaman tentang seluk beluk bercerita atau mendongeng. Di buku ini, Kak Erwin berbagi pengalaman sejak apa saja cerita positif yang harus disampaikan kepada anak, bagaimana teknik menyusun cerita anak secara cepat dan mudah, serta bagaimana step by step menjadi pendongeng atau pencerita yang menarik dan memikat anak-anak, dan tak lupa sebelumnya disampaikan kendala-kendala yang biasa dihadapi pendongeng pemula berikut solusinya.

Judul: Resep Mujarab Lihai Mendongeng;

Penulis: Kak Erwin; Penerbit: Hanum Publisher;

Cetakan Pertama: September 2017;

Tebal buku: 176 hlm;

Orde buku via online: www.pustakanusantara.com

 

 

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *